Langsung ke konten utama
TUGU BRI MAJENANG

   Sebelumnya,pasti sebagian dari kalian sudah tau tentang tugu ini.Terutama untuk warga majenang,cilacap jawa tengah dan sekitarnya.Memang tugu ini tidak seterkenal seperti tugu jogja yang terletak di yogyakarta.Namun,kalian boleh lah bersinggah sebentar untuk melihat kerennya tugu ini.Untuk kalian yang belum tau tentang tugu ini saya akan memberikan gambaran sedikit tentang tugu ini.Tugu ini merupakan salah satu ikon kota majenang yang sangat keren tentunya dengan balutan warna dominan biru dan putih menjadikan salah satu tugu yang harus anda singgahi ketika melewati kota majenang atau sedang bersinggah di sana.Tugu yang ber alamat Jl. Dr. Soetomo, Jenang Selatan, Jenang, Kec. Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53257 terletak di perempatan jalan.Tentunya buat kalian yang berpergian dari arah banjar atau jawa barat menuju ke arah purwokerto atau menuju arah timur pasti akan melihat tugu keren ini.Untuk yang dari arah barat menuju timur letak tugu tersebut di kiri jalan.Untuk yang dari arah timur ke barat tugu tersebut terletak disebaliknya.

   okehh langsung aja ke sejarah singkatnya,sumber sejarahnya sendiri saya dapatkan dari berbagai sumber di sosial media dan juga dari beberapa info warga setempat. 



  




   


  Tugu BRI terletak  di perempatan Wecong namanya dan sebelumnya bangunan tersebut memiliki nama Tugu Pisang dan menjadi ikon Majenang di era Orde Baru. Namun bertepatan dengan 50 Tahun Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Pihak BRI merombak total dan merubahnya  sekaligus mengganti nama tugu tersebut menjadi Tugu BRI pada 1995 lalu tepat 100 tahun BRI.

   Sementara itu Tugu Pisang pada era 80-an sampai 90-an menjadi kebanggaan bagi warga Majenang.Tugu ini sebelumnya memiliki 3 buah jam berukuran besar nan megah pada zamannya, ketiga jam ini menghadap tiga arah berbeda, searah dengan jalan.Warga setempat memanfaatkan tugu tersebut sebagai penunjuk waktu. Kala itu di tugu pisang masih berupa sebuah pertigaan sebelum berganti menjadi perempatan seperti yang terlihat saat ini,tugu ini juga menjadi penanda bahwa kota Majenang masih menjadi sentra penghasil pisang dan produk olahan yang khas berupa saleh.













(gambar hanya ilustrasi belaka) 

   Sekarang keberadaan tugu BRI jauh lebih keren karena disamping atau sekitaran tugu tersebut sudah dibuat sebuah taman mini yang begitu indah dan juga kerenn tentunyaa menjadikan tugu tersebut enak dipandang.Walaupun keberadaan jam besar yang sebelumnya ada di tugu ini dan sekarang sudah menghilang keberadaannya,tidak membuat warga sekitar kecewa.Di sekitaran tugu ini biasanya menjadi tempat Operasi Pemeriksaan Surat dan perlengkapan berkendara oleh pihak kepolisian setempat karena letaknya yang berada di sebuah tikungan kecil.Oleh karena itu lengkapi surat kendaraan bermotor anda terlebih dahulu sebelumnya berkunjung ke tugu ini.Jangan lupa atribut berkendara juga dipakai seperti helm yaaaa😁.

Okeehh cukup sekian ketikan blog saya kali inii
seeeee yooouu di blog selanjutnyaaaa.......

Komentar